ANALISIS USAHA DAN STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA PENGOLAHAN KERUPUK DI DESA MASBAGIK SELATAN, KECAMATAN MASBAGIK, LOMBOK TIMUR.

Kartini, Baiq Sri (2016) ANALISIS USAHA DAN STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA PENGOLAHAN KERUPUK DI DESA MASBAGIK SELATAN, KECAMATAN MASBAGIK, LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
zJURNAL.pdf

Download (615kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui tahapan proses produksi usaha pengolahan kerupuk, (2) Untuk menganalisis biaya dan keuntungan pada usaha pengolahan kerupuk, (3) Untuk mengetahui layak atau tidak usaha pengolahan kerupuk yang diproduksi di Desa Masbagik Selatan, Kecamatan Masbagik maka dilakukan analisis BEP dan Efisiensi Usaha, (4) Untuk mengidentifikasi strategi pemasaran yang dilakukan di Kecamatan Masbagik, Desa Masbagik Selatan, Lombok Timur, dan (5) Untuk mengetahui masalah atau hambatan yang dihadapi oleh pelaku usaha baik masalah tehnik maupun ekonomi di Desa Masbagik Selatan, Kecamatan Masbagik, Lombok Timur Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tahapan proses pengolahan kerupuk yang dimulai dari: persiapan bahan baku, pengolahan, pembungkusan adonan, masak air, perebusan, pendinginan, pemotongan, pengetapan, penjemuran, pemanasan minyak goreng, penggorengan, kerupuk didinginkan dan pembungkusan. (2) Rata-rata produksi pengolahan kerupuk per proses pengolahan sebanyak 70,50 kg/proses, rata-rata frekuensi pengolahan kerupuk per minggu sebanyak 5 kali dan rata-rata jumlah frekuensi per bulan sebanyak 25 kali, dengan rata-rata total biaya produksi sebesar Rp 1.410.120,72/proses dan rata-rata keuntungan yang diperoleh sebesar Rp 207.918,49/proses. (3) Rata-rata nilai BEP yang diperoleh pada usaha pengolahan kerupuk per proses pengolahan di Desa Masbagik Selatan, Kecamatan Masbagik yaitu BEP penjualan sebesar Rp 63.279,90 kemudian BEP produksi sebesar 2,76 kg dan BEP harga sebesar Rp 20.000,68/kg (4) Nilai R/C-ratio yang diperoleh pada usaha pengolahan kerupuk di Desa Masbagik Selatan, Kecamatan Masbagik dengan R/C-ratio>1. Nilai R/C-ratio pada produk kerupuk adalah sebesar 1,15, ini artinya usaha pengolahan kerupuk layak untuk diusahakan. (5) Starategi pemasaran pada usaha pengolahan kerupuk menggunakan merketing mix dengan menggunakan 4P yaitu: Product meliputi kualitas (rasa dan produk tahan lama), Price (bonus, harga pesaing dan biaya produksi), Place (pemasaranya jelas dan memiliki pelanggan) dan Promotion (memperkenalkan produknya disekitar rumah dengan cara konsumen mencicipi produk kerupuk dan memperkenalkan kerupuk tersebut melalui merk/cap serta menggunakan personal selling/tatap muka dengan konsumen). (6) Hambatan yang dihadapi pengusaha responden pada usaha pengolahan kerupuk meliputi modal, bahan baku (soda), teknologi (alat pengering) dan iklim/cuaca (hujan). Kata Kunci:

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Agroindustri, BEP, Kelayakan Usaha dan Strategi Pemasaran.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 10 Oct 2018 01:15
Last Modified: 10 Oct 2018 01:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8493

Actions (login required)

View Item View Item