PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA PEMBELAJARAN MATERI OPERASI BENTUK ALJABAR UNTUK MENGKTKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KLS III C SMP NEGERI 2 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2017/2018 PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA PEMBELAJARAN MATERI OPERASI BENTUK ALJABAR UNTUK MENGKTKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KLS III C SMP NEGERI 2 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2017/2018 PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA PEMBELAJARAN MATERI OPERASI BENTUK ALJABAR UNTUK MENGKTKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KLS III C SMP NEGERI 2 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

WIDAYANTI, WIDAYANTI WIDAYANTI (2018) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA PEMBELAJARAN MATERI OPERASI BENTUK ALJABAR UNTUK MENGKTKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KLS III C SMP NEGERI 2 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2017/2018 PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA PEMBELAJARAN MATERI OPERASI BENTUK ALJABAR UNTUK MENGKTKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KLS III C SMP NEGERI 2 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2017/2018 PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA PEMBELAJARAN MATERI OPERASI BENTUK ALJABAR UNTUK MENGKTKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KLS III C SMP NEGERI 2 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
skripsiku.pdf

Download (680kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan prestasi belajar siswa di kelas VIII-C SMPN 2 Labuapi. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan tidak memberikan kesempatan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa kesulitan dalam memahami materi pelajaran matematika. Oleh sebab itu, dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa di kelas VIII-C SMPN 2 Labuapi Tahun Pelajaran 2017/2018 dalam pembelajaran matematika pada materi operasi bentuk aljabar. Salah satu model pembelajaran yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu model kooperatif tipe snowball throwing. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimana masing-masing siklus dilaksanakan dalam 3 pertemuan yaitu 2 pertemuan untuk membahas materi dan 1 pertemuan untuk evaluasi hasil belajar. Adapun tahapan yang akan dilaksanakan pada setiap siklus yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan pada penelitian ini yaitu dengan menerapkan model kooperatif tipe snowball throwing. Data aktivitas siswa didapatkan melalui observasi dan data prestasi belajar siswa didapatkan dari kegiatan evaluasi yang dilakukan pada setiap akhir siklus. Dari hasil penelitian didapatkan skor aktivitas siswa pada pertemuan 1 siklus I yaitu 6,00 dengan kategori rendah dan pada pertemuan 2 siklus I yaitu 10,00 dengan kategori sedang. Sedangkan skor aktivitas siswa pada pertemuan 1 siklus II yaitu 12,50 dengan kategori tinggi dan pada pertemuan 2 siklus II yaitu 12,75 dengan kategori tinggi. Dari data tersebut terlihat bahwa terjadi peningkatan pada aktivitas siswa. Dari analisis hasil evaluasi belajar didapatkan rata-rata nilai pada siklus I yaitu 60,86 dengan persentase ketuntasan klasikalnya adalah 54,54% sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan rata-rata nilai yaitu 78,82 dengan persentase ketuntasan klasikalnya adalah 91,30%. Dengan demikian, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe snowball throwing pada materi operasi bentuk aljabar dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII-C SMPN 2 Labuapi tahun pelajaran 2017/2018

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): odel Pembelajaran kooperatif, tipe snowball throwing, Aktivita Belajar, Prestasi Belajar, operasi bentuk aljabar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 10 Oct 2018 01:14
Last Modified: 10 Oct 2018 01:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8514

Actions (login required)

View Item View Item