PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) BERBANTUAN MEDIA MOLYMOD TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK BENTUK MOLEKUL PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2016/2017

WULANDARI, SELMA BELLA (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) BERBANTUAN MEDIA MOLYMOD TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK BENTUK MOLEKUL PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
jurnal Bella.pdf

Download (655kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achivement Divisions) berbantuan media molymod terhadap hasil belajar materi pokok bentuk molekul pada siswa kelas XI SMAN 1 Gunungsari tahun ajaran 2016/2017. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Gunungsari yang berjumlah 123 orang yang tersebar dalam empat kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media molymod dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model konvensional. Hasil Uji F menunjukkan varians data homogen, sehingga data dianalisis dengan uji t separated varians pada taraf signifikan 5%. Dari analisis data diperoleh nilai thitung 3,67 > nilai ttabel 2,00 . Berdasarkan nilai rata-rata kelas eksperimen 71 > nilai rata-rata kelas kontrol 63 dan ketuntasan klasikal kelas eksperimen 31% > ketuntasan klasikal kelas kontrol 10%. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achivement Divisions) berbantuan media molymod berpengaruh positif terhadap hasil belajar kimia materi pokok bentuk molekul pada siswa kelas XI SMAN 1 Gunungsari tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Media Molymod, Bentuk Molekul, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 10 Oct 2018 01:13
Last Modified: 10 Oct 2018 01:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8518

Actions (login required)

View Item View Item