Penggunaan Metode Discovery untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas Va SDN 2 Kekeri TahunAjaran 2012/2013

Hidayatika, Arini (2013) Penggunaan Metode Discovery untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas Va SDN 2 Kekeri TahunAjaran 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)

Abstract

Pembelajaran IPA siswa kelas Va SDN 2 Kekeri masih menggunakan pembelajaran konvensional, yaitu metode pembelajaran yang digunakan guru monoton dengan ceramah, tanya jawab dan penugasan. Siswa juga tidak antusias dalam mengikuti pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa rendah. Untuk itu dilakukan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas Va SDN 2 Kekeri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang pelaksanaannya terbagi dalam 2 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dari hasil analisis yang telah didapatkan dari siklus I dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan dalam hasil belajar. Dari hasil evaluasi pada siklus I menunjukkan bahwa nilai ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 79%. Ini berarti ketuntasan belajar yang diinginkan belum tercapai, karena tidak sesuai dengan ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan yaitu 85%. Dengan perbaikan-perbaikan yang telah dilakukan selama proses pembelajaran di siklus kedua, diperoleh nilai ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 89%. Hal ini menunjukkan bahwa indicator pencapaian ketuntasan klasikal sebesar 85% telah tercapai, maka penelitian yang dilakukan sudah mencapai tujuan yang diinginkan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan oleh guru menunjukkan bahwa penggunaan metode discovery yang dilaksanakan secara optimal dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas Va SDN 2 Kekeri tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode discovery, hasil belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Oct 2018 01:12
Last Modified: 10 Oct 2018 01:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8544

Actions (login required)

View Item View Item