PENGGUNAAN METODE GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS III SDN 2 MENINTING TAHUN AJARAN 2012/2013

TRIANA, NENI (2013) PENGGUNAAN METODE GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS III SDN 2 MENINTING TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas III SDN 2 Meninting. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan metode Guided Note Taking untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas III SDN 2 Meninting tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 42 siswa. Data aktivitas guru, aktivitas siswa, diperoleh melalui lembar observasi sedangkan hasil belajar siswa diperoleh dari hasil evaluasi keterampilan menulis siswa yang diambil pada tahap pelaksanaan pembelajaran dengan penggunaan metode Guided Note Taking. Hasil penelitian dengan menggunakan metode Guided Note Taking yang diterapkan guru dikatakan berhasil karena dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan aktivitas guru dari 71,8% pada siklus I berkategori cukup baik menjadi 87,5% pada siklus II dengan kategori baik. Data aktivitas siswa juga mengalami peningkatan yang ditunjukkan dari 62,5% pada siklus I berkategori cukup aktif menjadi 87,5% pada siklus II dengan kategori aktif. Rata-rata tes hasil belajar siswa adalah sebesar 72,3 (siklus I), 82,6 (siklus II). Ketuntasan belajar siswa berturut-turut dari siklus I (78,5%), dan siklus II (92,8%). Berdasarkan data diatas, penggunaan metode Guided Note Taking dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas III SDN 2 Meninting tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Guided Note Taking , Keterampilan Menulis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Oct 2018 01:12
Last Modified: 10 Oct 2018 01:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8546

Actions (login required)

View Item View Item