PENGGUNAAN METODE PAIRED STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN PENYENGAK TAHUN PELAJARAN 2012/2013

SUHIRMAN, SUHIRMAN (2013) PENGGUNAAN METODE PAIRED STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN PENYENGAK TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SUHIRMAN SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kemampuan berbicara siswa yang disebabkan karena ketidakmampuan dalam berbicara secara sistematis, kesulitan dalam menyusun kalimat, kebiasaan dalam menggunakan bahasa sasak dalam berkomunikasi, seringnya para guru menggunakan metode ceramah dari awal hingga akhir pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Penyengak tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes unjuk kerja, dan observasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dilihat peningkatan kemampuan berbicara, yaitu 1) kelancaran siklus I 47,91, dan siklus II 62,5, terjadi peningkatan 14,59; 2) pelapalan siklus I 56,25, dan siklus II 68,83, terjadi peningkatan 12,58; 3) intonasi siklus I 56,25, dan siklus II 58,75 terjadi peningkatan 2,5; 4) pemampaatan gerak tubuh siklus I 45,83, dan siklus II 60,41 terjadi peningkatan 14,58; 5) keberanian siklus I 58,33, dan siklus II 77,08 terjadi peningkatan 18,75; Berdasarkan hasil analisis data dari penelitian ini, terjadi peningkatan dari siklus I sampai siklus II sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode paired storytelling (bercerita berpasangan) dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Penyengak tahun pelajaran 2012/2013

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Berbicara, Metode Paired Storytelling.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Oct 2018 01:12
Last Modified: 10 Oct 2018 01:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8547

Actions (login required)

View Item View Item