PENGGUNAAN METODE THINK PAIR SHARE ( TPS ) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 1 JEROWARU TAHUN PELAJARAN 2012/2013

ARIANDINI, SUSI (2013) PENGGUNAAN METODE THINK PAIR SHARE ( TPS ) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 1 JEROWARU TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
isi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya interaksi atau aktivitas yang dilakukan dikelas pada saat proses pembelajaran berlangsung. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Jerowaru masih rendah, selain itu juga disebabkan karena guru masih kurang tepat dalam memilih atau menggunakan metode pembelajaran. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan penggunaan metode Think Pair Share. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 1 Jerowaru tahun pelajaran 2012/2013 dengan menggunakan metode Think Pair Share. Metode pembelajaran ini disesuaikan dengan materi dan tujuan pembelajaran dan tujuan yang ingin dicapai. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu (1)perencanaan (2)pelaksanaan. (3)pengamatan ( observasi ).(4)refleksi. Data aktivitas siswa dan guru dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi, sedangkan hasil belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan soal tes evaluasi pada akhir siklus. Adapun indikator ketercapaian dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan aktivitas belajar siswa minimal berkategori aktif dan tercapai ketuntasan belajar klasikalnya yaitu ≥ 85%, denagn KKM ≥63. Tes hasil belajar siswa pada siklus I mencapai ketuntasan klasikal 50% dengan nilai rata-rata 58 dan aktivitas belajarnya dengan kategori aktif. Sedangkan pada siklus II ketuntasan klasikal siswa mengalami peningkatan yaitu mencapai 88%dengan nilai rata-rata 67 dan aktivitas belajarnya berkategori sangat aktif. Dari hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Think Pair Share dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 1 Jerowaru tahun pelajaran 2012 / 2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aktivitas belajar, hasil belajar dan metode Think pair Share
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Oct 2018 08:03
Last Modified: 11 Oct 2018 08:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8599

Actions (login required)

View Item View Item