PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SAINS MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS IV SDN 31 AMPENAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

RAMDIANA, GINA (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SAINS MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS IV SDN 31 AMPENAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI GINA RAMDIANA.docx
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa kelas IV SDN 31 Ampenan tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini disebabkan karena pada proses pembelajaran guru lebih dominan yang berarti guru lebih aktif dalam pembelajaran sedangkan siswa hanya sebagai penerima materi saja sehingga membuat pembelajaran menjadi kurang menarik yang akhirnya mengakibatkan siswa menjadi kurang termotivasi dalam belajar dan berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing pada mata pelajaran SAINS, pokok bahasan energi panas, energi bunyi, energi alternatif dan karya sederhana dengan konsep perubahan energi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali evaluasi dengan jumlah siswa 32 orang. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes evaluasi sedangkan data aktivitas siswa dikumpulkan melalui lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar 46,88 % dengan rata-rata aktivitas belajar mencapai 68,7 yang tergolong dalam katagori aktif. Pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar sebesar 90,63% dengan aktivitas belajar mencapai 88,4% yang tergolong dalam katagori sangat aktif. Adapun rata-rata kelas siklus I yaitu 74,4 sedangkan pada siklus II 81,4. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengajaran energi dengan menggunakan penerapan pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dapat meningkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 31 Ampenan tahun pembelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar dan Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Oct 2018 08:03
Last Modified: 11 Oct 2018 08:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8604

Actions (login required)

View Item View Item