PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERPIKIR INDUKTIF SISWA KELAS IV SDN 7 JENGGALA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ADIANTO, ADIANTO (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERPIKIR INDUKTIF SISWA KELAS IV SDN 7 JENGGALA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ISI SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui Model Pembelajaran Berpikir Induktif. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 7 Jenggala Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 14 orang siswa.Kelas ini dijadikan subyek karena persentase ketuntasan belajar pada kelas ini masih rendah. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi belajar siswa. Keseluruhan data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tindakan kelas pada siklus I diperoleh persentase aktivitas mengajar guru adalah 75% dan pada siklus II sebesar 83%, sedangkan untuk aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 58,92% dan pada siklus II meningkat menjadi 78,57%. Rerata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 67,59 dan ketuntasan klasikal sebesar 64%,sedangkan pada siklus II rerata belajar siswa menjadi 69,99 dan ketuntasan klasikal meningkat menjadi 85,71%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Berpikir Induktif, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Oct 2018 08:02
Last Modified: 11 Oct 2018 08:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8605

Actions (login required)

View Item View Item