PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SDN 1 SEKOTONG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Sahudin, Ahmad (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SDN 1 SEKOTONG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Ringkasan Skripsi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas IV SDN 1 Sekotong Timur tahun pelajaran 2013/2014. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 1 Sekotong Timur tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober-November 2013 yang bertempat di SDN 1 Sekotong Timur Desa Sekotong Timur Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat.Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode observasi (pengamatan) dan metode tes. Metode observasi menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa untuk mengamati secara langsung peristiwa di lapangan terkait aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan metode tes menggunakan tes hasil belajar untuk mengukur pencapaian hasil belajar IPA pada siswa sesudah pembelajaran dilaksanakan.Hasil belajar yang dicapai pada penelitian tindakan kelas ini berupa hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan hasil belajar siswa pada ranah psikomotorik siklus I dan Siklus II. Hasil belajar siswa pada ranah kognitif siklus I nilai rata-rata sebesar 69,16 berkategori tinggi dengan ketuntasan klasikal 84,37% dan pada siklus II nilai rata-rata sebesar 85,94 berkategori sangat tinggi dengan ketuntasan klasikal 100%. Sedangkan hasil belajar siswa pada ranah psikomotorik siklus I nilai rata-rata sebesar 61,50 berkategori cukup tinggi dengan ketuntasan klasikal 50% dan pada siklus II nilai rata-rata sebesar 80,91 berkategori tinggi dengan ketuntasan klasikal 100%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil belajar dan Kooperatif Tipe Jigsaw
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Oct 2018 08:02
Last Modified: 11 Oct 2018 08:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8606

Actions (login required)

View Item View Item