PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS IV SDN SEDAU TIMUR TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Baharuddin, Baharuddin (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS IV SDN SEDAU TIMUR TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
depan.doc
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini, dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan metode pembelajaran berbasis masalah yang diterapkan. Dari beberapa penyebab rendahnya hasil belajar, khususnya pada mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar Negeri Sedau Timur, salah satunya adalah penerapan metode pembelajaran yang masih bersifat monoton, sehingga diperlukan metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi sekolah dan siswa. Dari beberapa metode yang ada, metode yang diharapkan dapat meningkatkan prestasi atau hasil belajar siswa adalah metode pembelajaran berbasis masalah. Adapun hasil yang diperoleh, pada siklus I untuk nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 70,35 dengan persentase ketuntasannya mencapai 60,00%, dan nilai untuk aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama dan kedua yakni adalah dengan perolehan total skor 14 dan 16 yang nilai rata ratanya adalah 2,80 dan 3,20, kategori cukup aktif. Sedangkan pada siklus II untuk nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 81,07 dengan persentase ketuntasan 85,71 % dan skor untuk aktivitas belajar siswa adalah 19 dan 21 dengan nilai rata-ratanya 3,80 dan 4,20, kategori aktif. Selain hasil yang diperoleh siswa adapun hasil skor aktivitas yang diperoleh guru, pada siklus I pertemuan pertama dan kedua diperoleh skor 6 dan 8 yang nilai rata-ratanya 2,00 dan 2,66 dengan kategori kurang baik dan cukup baik. Namun dengan adanya perbaiakan, pada siklus II terjadi peningkatan dengan total skor 9 dan 10 dengan nilai rata-rata 3,00 dan 3,33 kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN Sedau Timur tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis Masalah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Oct 2018 08:02
Last Modified: 11 Oct 2018 08:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8607

Actions (login required)

View Item View Item