PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI PADA SISWA KELAS IV SDN 23 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

ARANTIA, NINA (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI PADA SISWA KELAS IV SDN 23 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Isi Skripsi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Ketuntasan klasikal yang dicapai siswa kelas IV masih kurang dari standar ketuntasan klasikal yang ditetapkan, hal ini disebabkan oleh masih ada siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran dan guru kurang kreatif dalam memanfaatkan model-model pembelajaran. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan penggunaan model pembelajaran artikulasi. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 23 Cakranegara tahun pelajaran 2012 / 2013 dengan penggunaan model pembelajaran artikulasi. Model pembelajaran artikulasi yang digunakan disesuaikan dengan materi dan tujuan yang ingin dicapai. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan proses tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus melalui tahapan yang berkesinambungan yaitu : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan evaluasi, (4) refleksi. Data aktivitas guru dan siswa dikumpulkan dengan teknik observasi dan hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi pada setiap akhir siklus. Adapun indikator ketercapaian dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan aktivitas belajar siswa minimal berkategori aktif dan tercapai ketuntasan belajar klasikalnya yaitu ≥ 85% dari siswa yang mendapat nilai ≥ 65 berdasarkan KKM dari sekolah. Tes hasil belajar siswa pada siklus I mencapai ketuntasan klasikal 63,6% dengan nilai rata-rata 70,22 dan aktivitas belajarnya berkategori cukup aktif. Sedangkan pada siklus II ketuntasan klasikal siswa mengalami peningkatan yaitu 90,9 % dengan nilai rata-rata 88.63 dan aktivitas belajarnya berkategori aktif. Dari hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran artikulasi dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 23 Cakranegara tahun pelajaran 2012 / 2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran artikulasi, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Oct 2018 08:02
Last Modified: 11 Oct 2018 08:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8608

Actions (login required)

View Item View Item