PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE JIGSAW IIDALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IVDI SDN 5 GONDANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Indriani, Denda Mona (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE JIGSAW IIDALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IVDI SDN 5 GONDANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DENDA MONA INDRIANI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS, di kelas IV SDN 5 Gondang, kecamatan Gangga pada semester 1 tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini sangat didukung dengan data tidak tercapainya KKM yang telah direncanakan sebesar 61. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode Jigsaw II dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV di SDN 5 Gondang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV, dengan menggunakan metode Jigsaw II di SDN 5 Gondang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara ta`hun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian tindakan kelas ini melalui dua siklus yakni siklus I dan siklus II. Adapun metode pengumpulan data melalui tes, observasi serta dokumentasi.Subjek penelitian sebanyak 39 orang siswa. Penelitian ini bermanfaat yaitu sebagai bahan pertimbangan dalam memilih metode, dan sebagai bahan masukan untuk merumuskan kebijakan yang mengarah pada peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I terdapat 21 orang siswa yang tuntas atau 53,84% dan pada siklus II terdapat sebanyak 35 orang siswa yang tuntas atau 89,74% dari 39 orang siswa, terjadi peningkatan ketuntasan belajar sebesar 35.9%, dengan rata-rata siklus I mencapai 68.71 dan siklus II 79.48. Kegiatan aktifitas guru pada siklus I 79.6, dan meningkat pada siklus II mencapai 95, sedangkan aktifitas siswa pada siklus I 77.78 meningkat menjadi 84.72 pada siklus II, ada peningkatan aktifitas siswa sebesar 6.94. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar IPS, dengan menggunakan metode Jigsaw II dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV di SDN 5 Gondang tahun pelajaraan 2012/2013 telah berhasil dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil belajar IPS, Metode Jigsaw II
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Oct 2018 08:02
Last Modified: 11 Oct 2018 08:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8609

Actions (login required)

View Item View Item