PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL BERBASIS MEDIA GAMBAR BAGI SISWA KELAS V SDN 3 GUMANTAR KECAMATAN KAYANGAN KABUPATEN LOMBOK UTARA TAHUN PELAJARAN 2012-2013

URIP, IMADE (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL BERBASIS MEDIA GAMBAR BAGI SISWA KELAS V SDN 3 GUMANTAR KECAMATAN KAYANGAN KABUPATEN LOMBOK UTARA TAHUN PELAJARAN 2012-2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ABSTRAK.docx
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua kali siklus tindakan.Tahapan-tahapan dalam setiap siklus adalah perencanaan, pelaksanaan, obeservasi/ evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Gumantar Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara yang berjumlah 33 orang yang terdiri dari 17 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan pemberian tes. Selanjutnya data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Pembelajaran Diskusi Kelompok Kecil Berbasis Media Gambar dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas V SD Negeri 3 Gumantar, dapat meningkatkan hasil Belajar PKn. Hal ini dapat dilihat dari: (1) terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar PKn yaitu siklus I sebesar 66,97 daya serap 66,97% dengan ketuntasan belajar klasikal 45,4%, sedangkan skor rata-rata hasil belajar PKn pada siklus II yaitu sebesar 86,7 daya serap 86,7%dengan ketuntasan belajar klasikal 100%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Diskusi, Media Gambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Oct 2018 07:56
Last Modified: 11 Oct 2018 07:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8611

Actions (login required)

View Item View Item