PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAY) BERMEDIA CERITA BERGAMBAR PADA SISWA KELAS V SDN TELUK BULAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

PURNAYATNI, PURNAYATNI (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAY) BERMEDIA CERITA BERGAMBAR PADA SISWA KELAS V SDN TELUK BULAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi _isi_purnayatni.docx
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di semester dua di kelas V SDN Teluk Bulan tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilatar belakangi karena kemampuan membaca berbicara siswa kelas V SDN Teluk Bulan yang masih jauh dari memuaskan. Dari 22 siswa hanya 12 siswa yang mencapai KKM ≥ 64, sedangkan sisanya belum mecapai KKM tersebut. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dengan rumusan masalah, “Bagaimana peningkatan kemampuan berbicara dengan metode bermain peran (role play) bermedia cerita bergambar pada siswa kelas V SDN Teluk Bulan Desa Rembitan Kecamatan Pujut tahun pelajaran 2012 /2013?”. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui penerapan metode role playing bermedia cerita bergambar siswa kelas V SDN Teluk Bulan Tahun pelajaran 2012 / 2013. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas adalah tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, sedangkan observasi untuk mengamati aktivitas pembelajaran yang dilakukan siswa dan guru. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengolahan data proses dan pengolahan data hasil. Hasil penelitian tentang penggunaan media cerita bergambar dalam meningkatkan kemampuan berbicara dengan metode bermain peran (role play) bermedia cerita bergambar siswa kelas V SDN Teluk Bulan tahun pelajaran 2012/2013 menunjukkan bahwa: (1) terjadi peningkatan hasil belajar siswa, yang terlihat dari jumlah siswa yang memperoleh KKM ≥ 64 dari 10 orang pada siklus I menjadi 19 orang pada siklus II yaitu dengan persentase ketuntasan klasikal siklus I 45% menjadi 86% pada siklus II dengan nilai rata-rata 62,7 pada siklus I menjadi 68,6 pada siklus II. (2) terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus I dengan kategori sangat rendah meningkat menjadi kategori tinggi pada siklus II, dan (3) terjadi peningkatan aktivitas guru dengan kategori kurang baik pada siklus I menjadi kategori baik pada siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Bermain Peran (Role Play), Media cerita Bergambar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Oct 2018 07:56
Last Modified: 11 Oct 2018 07:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8613

Actions (login required)

View Item View Item