EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DENGAN TEKNIK PERMAINAN ESTAFET JAKARTA (JAWAB KARTU PERTANYAAN) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 LINGSAR TAHUN AJARAN 2015/2016

HENDRAWAN, M. TRI ARIADI (2018) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DENGAN TEKNIK PERMAINAN ESTAFET JAKARTA (JAWAB KARTU PERTANYAAN) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 LINGSAR TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
jurnal skripsi(2).pdf

Download (528kB) | Preview

Abstract

Pelajaran Matematika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap sangat sulit oleh sebagian siswa sekolah menengah. Hal ini dsebabkan oleh banyaknya simbol-simbol di tambah lagi masih banyak guru yang menerapkan model pembelajaran ekspositori. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran tipe TGT dengan teknik permainan estafet Jakarta efektif untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas X SMKN 1 Lingsar tahun ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMKN 1 yang telah diuji Homogenitasnya dan di dapat sampel kelas X TKR 2 sebagai kelas eksperimen dan X TKR 1 sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar yang telah diperoleh telah terdistribusi normal dengan uji Normalitas data menggunakan IBM SPSS statistik 21. Data yang terdistribusi normal dianalisis menggunakan uji –t dengan nilai alpha sebesar 0,05, di dapat nilai t tabel sebesar 1,999333 dan t hitung sebesar 7,358159, ini berarti t hitung > t tabel, artinya Ha dterima maka dapat disimpulkan bahwa “Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan teknik permainan estafet Jakarta efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMKN 1 Lingsar tahun ajaran 2015/2016”, dimana prestasi belajar kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran kooperatif, model TGT,permainan estafet Jakarta dan prestasi belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 15 Oct 2018 02:22
Last Modified: 15 Oct 2018 02:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8671

Actions (login required)

View Item View Item