PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MEDIA LINGKUNGAN SISWA KELAS X C SMA MUHAMMADIYAH MATARAM TAHUN PEMBELAJARAN 2009-2010

SANTANI, PIYA (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MEDIA LINGKUNGAN SISWA KELAS X C SMA MUHAMMADIYAH MATARAM TAHUN PEMBELAJARAN 2009-2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Piya Santani (Skripsi Lengkap).doc

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah pengamatan secara langsung pada kelas, di SMA Muhammadiyah Mataram kelas X C. Peneliti menemukan beberapa fakta tentang hambatan-hambatan dalam pengajaran sastra, kesulitan pembelajaran sastra yang dialami oleh siswa, akan menjadi bahan kajian untuk memperbaiki pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di sekolah tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas X C SMA Muhammadiyah Mataram dalam menulis puisi dengan media lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan metode tes. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis puisi dengan media lingkungan pada siswa kelas X C SMA Muhammadiyah Mataram tahun pembelajaran 2009-2010. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas X C SMA Muhammadiyah Mataram dalam menulis puisi dengan menggunakan media lingkungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas pelaksanaannya terdiri atas dua siklus dan setiap siklus tersebut terdiri atas dua pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan metode tes. Sedangkan penganalisisan data menggunakan rumus ketuntasan belajar klasikal. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis puisi, siswa kelas X C SMA Muhammadiyah Mataram tahun pembelajaran 2009-2010 dengan media lingkungan mengalami peningkatan, baik dari segi proses maupun hasil. Dari segi proses, tindakan guru menugaskan siswa untuk mengerjakan tugas menulis puisi pada LKS yang telah disiapkan, mencapai keberhasilan tindakan direspon dengan antusias oleh sebagian besar siswa. Sedangkan peningkatan hasil dapat dilihat dari peningkatan rata-rata tiap aspek penilaian : (1) aspek gaya bahasa, dari rata-rata 53,29 pada siklus I, menjadi 70,39 pada siklus II; (2) aspek keterkaitan antar kata mengalami peningkatan dari rata-rata 70,39 pada siklus I menjadi 75 pada siklus II; (3) aspek pilihan kata (diksi), dari rata-rata 67,10 pada siklus I menjadi 78,94 pada siklus II; (4) aspek kesesuaian isi dengan tema dari rata-rata 71,05 pada siklus I, menjadi 73,34 pada siklus II, dan peningkatan hasil secara keseluruhan yaitu rata-rata 60,85 atau 55,26% secara klasikal pada siklus I menjadi rata-rata 74,34 atau 94,74% secara klasikal pada siklus II, dalam hal ini kegiatan menulis puisi dengan media lingkungan menjadi meningkat. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah keberhasilan penggunaan media lingkungan diperoleh melalui penggunaan media pengajaran yang tepat, dan penggunaan media lingkungan dapat merangsang ketertarikan siswa pada sastra khususnya dalam menulis puisi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pembelajaran, bahasa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 15 Oct 2018 02:21
Last Modified: 15 Oct 2018 02:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8689

Actions (login required)

View Item View Item