STUDI PROFITABILITAS USAHA DAN PEMASARAN STROBERI DI KECAMATAN SEMBALUN KABUPATEN LOMBOK TIMUR

L. WIRASANDI, L. WIRASANDI (2015) STUDI PROFITABILITAS USAHA DAN PEMASARAN STROBERI DI KECAMATAN SEMBALUN KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui struktur biaya usahatani stroberi di Kecamatan Sembalun; (2) Menganalisis pendapatan dan profitabilitas usahatani stroberi di Kecamatan Sembalun; (3)Menganalisis penyerapan tenaga kerja pada usahatani stroberi di Kecamatan Sembalun; (4) Mengetahui saluran pemasaran stroberi di Kecamatan Sembalun; (5) Menganalisisefisiensi pemasaran stroberi di Kecamatan Sembalun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Struktur biaya pada usahatani stroberi, dimana biaya produksi yang dikeluarkan oleh petani responden di Kecamatan Sembalun sebesar Rp. 9.437.258/ LLG atau Rp. 84.730.929 /Ha yang terdiri dari biaya variabel per LLG sebesar Rp. 8.652.117 atau Rp. 86.521,170/Ha dan rata-rata biaya tetap yang dikeluarkan petani responden Rp. 763.000/LLG atau Rp. 7.630.000/Ha; (2) Total keuntungan usahatani stroberi sebesar Rp. 5.993.307/LLG (0.1 Ha) atau Rp. 59.536.164/Ha selama 6 bulan dan nilai profitabilitas usahatani stroberi sebesar 70.77%. artinya keuntungan usahatani stroberi mampu membayar bunga bank sebesar 18%; (3) BEP Produksi pada usahatani stroberi di Kecamatan Sembalun sebesar 117.9 Kg, BEP harga sebesar Rp. 11.856/Kg, BEP penerimaan sebesar Rp. 2.270.353.66 dan BEP luas lahan sebesar 1.8 Are; (4) Total kesempatan kerja yang bisa diserap pada usahatani stroberi disemua kegiatan sebesar 266.80 HKO/LLG atau 2650.30 HKO/Ha; (5) Pemasaran stroberi di Kecamatan Sembalun memiliki empat saluran pemasaran yaitu : I : Produsen – PPD – PPKEC – Pedagang pengecer – KA, Saluran II : Produsen – PPKEC – Pedagang Pengecer – KA, Saluran III: Produsen – Pedagang pengecer – KA, dan saluran IV : Produsen – KA; (6) Saluran pemasaran di Kecamatan Sembalun semuanya efisien, berdasarkan tiga indikator : margin pemasaran, distribusi keuntungan dan Share Produsen. Kata Kunci :

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Profitabilitas, Pemasaran, Usahatani Stroberi.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 16 Oct 2018 05:51
Last Modified: 16 Oct 2018 05:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8714

Actions (login required)

View Item View Item