ANALISIS STRATEGI PRODUKSI DAN PEMASARAN RUMPUT LAUT DI KECAMATAN TALIWANG KABUPATEN SUMBAWA BARAT

Karmila, Andhy Yuli (2014) ANALISIS STRATEGI PRODUKSI DAN PEMASARAN RUMPUT LAUT DI KECAMATAN TALIWANG KABUPATEN SUMBAWA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Jurnal Skripsi.docx

Download (85kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1). Untuk menganalisis efisiensi pemasaran usaha rumput laut di Desa Labuhan Kertasari Kecamatan Taliwang. (2). Untuk mengetahui strategi produksi dan pemasaran yang dijalankan demi tercapainya keuntungan yang meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemasaran rumput laut sudah efisien, ditunjukkan oleh: Share petani dari kedua saluran pemasaran adalah ≥ 60% (yaitu 85,19% pada saluran pemasaran I dan 83,05% pada saluran pemasaran II) dan(2) Distribusi keuntungan rumput laut mendekati 1 (0,74). (3)Urutan strategi untuk produksi dan pemasaran rumput laut adalah sebagai berikut:(1) Meningkatkan produksi rumput laut (3,04); (2) Memberdayakan anggota dan kelompok usaha untuk meningkatkan usahanya (2,25); (3) Meningkatkan kualitas produksi yang ada (1,98); (4) Meningkatkan keterampilan teknis budidaya untuk meningkatkan mutu produk (1,45); (5) Memperluas dan mempertahankan jaringan pemasaran (0,99); (6) Meningkatkan akses permodalan (0,96). Pemasaran rumput laut di Kabupaten Sumbawa Barat terdapat dua saluran pemasaran yaitu (1). Petani ke pedagang ke pedagang antar pulau ke konsumen akhir. (2). Petani ke pedagang pedagang pengumpul ke pedagang antar pulau ke konsumen akhir. Kata Kunci:

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Efisiensi Pemasaran, Strategi Produksi, Pemasaran, Rumput Laut
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 18 Oct 2018 01:57
Last Modified: 18 Oct 2018 01:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8727

Actions (login required)

View Item View Item