Iflida, Iflida (2014) ANALISIS USAHA DAN PEMASARAN JAHE INSTAN DAN KUNYIT INSTAN DI DESA BUWUN SEJATI KECAMATAN NARMADA. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
JURNAL IFLIDA.docx Download (63kB) |
Abstract
Iflida , Business and Marketing Analysis of Ginger Instant and Turmeric Instant at Buwun Sejati Village Narmada District . Supervised By Ir. M. Muchson, SU. And Ir. Efendy, M.P. Ginger instant and Turmeric instant is processed agricultural products which are made into products that instantly making it easy to consume and durable for on the shelf. Ginger and Turmeric are the result of tubers are easily damaged, and the seasonal nature of the group of women that cultivate ginger and turmeric into instant products. Tujuan penelitian ini: (1) Untuk mengetahui sistem usaha olahan Jahe Instan dan Kunyit Instan, (2) Untuk mengetahui pendapatan usaha olahan Jahe dan Kunyit Instan, (3) Untuk mengetahui Efisiensi usaha olahan Jahe instan dan Kunyit Instan, (4) Mengetahui Efisiensi pemasaran Produk olahan Jahe Instan dan Kunyit Instan di Desa Buwun Sejati Kecamatan Narmada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Deskriptif, obyek yang diteliti adalah produsen yang melakukan usaha dan pemasaran jahe instan dan kunyit instan. Penentuan lokasi penelitian ditentukan secara Purposive Sampling dan ditetapkan 1 kelompok Pade Baru Sejati di Desa Buwun Sejati Kecamatan Narmada. Penentuan jumlah responden pengusaha ditentukan secara Sensus dan responden pedagang secara Snow Ball Sampling. Analisis data menggunakan rumus: Analisis Deskriptif, Analisis biaya dan pendapatan, Analisis efisiensi usaha dan Analisis efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa usaha pengolahan jahe instan dan kunyit instan di Desa Buwun sejati Kecamatan Narmada menggunakan bahan baku hasil hutan bukan kayu yang ada di wilayah Sesaot dan Buwun Sejati dan telah berlangsung cukup lama. Proses pengolahannya berlangsung selama ± 3 jam 30 menit dengan tahapan-tahapan yaitu: pengupasan, pemotongan, pencucian, blender/penghalusan, penyaringan, pemasakan, pengayakan, pengemasan dan pelabelan dengan produk masing-masing 20 bungkus jahe instan dan kunyit instan setiap 1 kg bahan baku. Total biaya produksi jahe instan adalah Rp.383.698 dan total biaya produksi kunyit instan adalah Rp. 303.698. pendapatan usaha olahan jahe instan adalah Rp. 576.302 perbulan dan kunyit instan adalah Rp. 656.302. saluran pemasaran jahe instan dan kunyit instan di Desa Buwun Sejati sebagai berikut: (1) ProdusenPedagang PerantaraPedagang PengecerKonsumen akhir, (2) Pedagang Perantarapedagang PengecerKonsumen Akhir dan, (3) Produsen Konsumen Akhir. R/C usaha pengolahan jahe instan adalah 2,49 sedangkan kunyit instan adalah 3,14 tergolong efisien. Pemasaran jahe instan dan kunyit instan juga tergolong efisien dengan margin pemasaran pedagang perantara masing-masing Rp. 1000 dan margin pemasaran pedagang pengecer masing-masing Rp.500 sedangkan share produsen masing-masing 80%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | pengolah jahe, kunyit |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian |
Depositing User: | Saprudin Saprudin |
Date Deposited: | 18 Oct 2018 01:57 |
Last Modified: | 18 Oct 2018 01:57 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8728 |
Actions (login required)
View Item |