PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DENGAN METODE PRAKTIKUM SEDERHANA TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID SISWA KELAS XI IPA SMAN 2 NARMADA

IDIAWATI, HILDA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DENGAN METODE PRAKTIKUM SEDERHANA TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID SISWA KELAS XI IPA SMAN 2 NARMADA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
HILDA WIDIAWATI (E1M014023).pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh model pembelajaran Quantum Learning dengan metode praktikum sederhana terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI IPA SMAN 2 Narmada. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XIIPA SMAN 2 Narmada yang berjumlah 50 orang. Sampel yang digunakan adalah kelas XIIPA-1 (kelas eksperimen) dan XI IPA-2 (kelas kontrol). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling, yaitu Sampling Total. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran Quantum Learning dan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Analisis validitas butir soal dihitung menggunakan rumus Korelasi Point Biserial dan digunakan rumus KR-20 untuk menghitung reliabilitas instrument pretest dan posttest kelas XIIPA SMAN 2 Narmada . Diperoleh soal valid sebanyak 20 soal dengan kriteria reliabilitas soal tinggi. Nilai rata-rataposttest kelas eksperimen sebesar 75,8 sedangkan kelas kontrol sebesar 63,8. Perhitungan analisis data uji hipotesis menggunakan statistika Gain uji-tyang diperoleh thitung>ttabel, sehingga mengindikasikan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Quantum Learning, Metode Praktikum Sederhana, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Oct 2018 01:56
Last Modified: 18 Oct 2018 01:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8746

Actions (login required)

View Item View Item