HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU KIMIA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA NEGERI 7 MATARAM

PRATIWI, CININTYA RAMANDA (2018) HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU KIMIA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA NEGERI 7 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL CININTYA RAMANDA PRATIWI.pdf

Download (423kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) hubungan kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar kimia pada siswa kelas X IPA SMAN 7 Mataram (2) hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia pada siswa kelas X IPA SMAN 7 Mataram; (3) hubungan kompetensi profesional guru dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar kimia pada siswa kelas X IPA SMAN 7 Mataram. Penelitian kuantitatif ex-post facto ini menggunakan subjek penelitian seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 7 Mataram yang terbagi dalam 6 kelas. Pengumpulan data kompetensi profesional guru dan motivasi belajar dengan angket, sedangkan data hasil belajar kimia diperoleh dari hasil ujian akhir semester genap tahun ajaran 2017/2018. Uji coba instrumen dilaksanakan kepada 30 responden. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknis analisis regresi sederhana dan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar kimia. Hal ini terbukti dari nilai rhitung=0,240 lebih besar dari rtabel= 0,159 dan Fhitung=8,07 lebih besar dari Ftabel=3,06 pada taraf kesalahan 5%. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia. Hal ini terbukti dari nilai rhitung=0,207 lebih besar dari rtabel=0,159 dan Fhitung=5,91 lebih besar dari Ftabel=3,06 pada taraf kesalahan 5%. (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi profesional guru dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar kimia. Hal ini terbukti dari nilai rhitung =0,290 lebih besar dari rtabel=0,159 dan Fhitung=6,06 lebih besar dari Ftabel=3,06 pada taraf kesalahan 5%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Oct 2018 01:52
Last Modified: 18 Oct 2018 01:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8750

Actions (login required)

View Item View Item