IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN BICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PERTIWI SELONG TAHUN PELAJARAN 2009-2010

Hemayati, Hemayati (2010) IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN BICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PERTIWI SELONG TAHUN PELAJARAN 2009-2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ABSTRAK.doc

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (23kB)
[img] Text
SKRIPSI.doc

Download (128kB)

Abstract

Pelaksanaan pendidikan di TK sangat ditentukan oleh baik buruknya tingkat pemahaman guru TK. Siswa akan merasa termotivasi dalam menjawab soal ujian maupun latihan jika memiliki kemampuan bicara yang baik. Karena pada prinsipnya siswa sulit menjawab pertanyaan atau soal karena tidak utuh kepahamannya dalam pembelajaran bicara. Taraf penguasaan bahasa Indonesia bagi siswa TK sukar ditentukan, namun para penyusun atau tenaga pendidik khususnya di TK harus didasarkan atas bahasa siswa TK itu sendiri. Tidak aneh apabila terjadi kesulitan pemahaman bagi siswa kalau bahasa yang dipakai dalam penyusunan bahan ajar itu menggunakan bahasa penyusun sendiri. Seorang guru sebagai tenaga pendidikan hendaknya menyadari betul bahwa tugas utamanya ialah mendidik. Guru sebagai pengajar dan pendidik, merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan setiap upaya pendidikan. Itulah sebabnya setiap adanya inovasi pendidikan, khususnya dalam kurikulum dan peningkatan sumber daya manusia yang dihasilkan dari upaya pendidikan selalu bermuara pada faktor guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektipan pembelajaran berkomunikasi/berbicara dengan menggunakan metode Pakem pada siswa kelas A TK Periwi Selong Tahun Pelajaran 2010- 2011. Penelitian ini termasuk penelitian aksi (action research) atau penelitan tindakan. Dalam mengumpulkan data, ada beberapa metode yang dipergunakan yaitu metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Selanjutnya data yang dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah: reduksi data, display data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis data, dapat ditarik beberapa simpulan, yaitu: (1) Pelakasanaan model pembelajaran berkomunikasi/berbicara dengan menggunakan metode PAKEM diterapkan dengan prosedur sebagai berikut: Pertama, guru menyiapkan perangkat pembelajaran. Kedua, guru menyusun jadwal pembelajaran berkomunikasi/berbicara dengan menggunakan metode Pakem. Ketiga, guru menerapkan pembelajaran berkomunikasi/berbicara dengan menggunakan metode Pakem. (2) Hasil belajar siswa pada pelaksanaan model pembelajaran berkomunikasi/berbicara dengan menggunakan metode Pakem mencapai nilai tertulis rata-rata 72,00, nilai evaluasi lisan rata-rata 86,00.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode PAKEM, Pembelajaran Berkomunikasi/berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 18 Oct 2018 01:52
Last Modified: 18 Oct 2018 01:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8752

Actions (login required)

View Item View Item