EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE TANYA JAWAB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI WACANA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIASISWA KELAS IV SDN 1 SANDIK TAHUN AJARAN 2009/2010

LESTARI, AYU (2010) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE TANYA JAWAB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI WACANA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIASISWA KELAS IV SDN 1 SANDIK TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Ayu Lestari.docx

Download (306kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal yang dilakukan di SD Negeri I Sandik bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia masih kurangbaik terutama dalam kegiatan memahami isi wacana. Untuk mengatasi masalah ini dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui Efektivitas kemampuan memahami isi wcana siswa dengan menggunakan metode tanya jawab. Model penelitian yang digunakan adalah medote Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Suharsimi Arikunto dengan menggunakan empat komponen penelitian yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, obervasi, dan refleksi dalam satu sistem yang saling terkait. Refleksi dilakukan disetiap akhir siklus yang kemudian dijadikan acuan untuk memperbaiki dan menyusun rencana pembelajaran pada siklus berikutnya. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus pada siswa kelas IV SD Negeri I Sandik. Mata pelajaran yang diajarkan Bahasa Indonesia dengan sub pokok bahasa memahami isi wacana dengan menggunakan metode tanya jawab. Instrumen yang dugunakan dalam penelitian ini pilihan ganda, Format observasi aktivitas belajar siswa dan mengajat guru. Permasalahan yang dibahas adalah bagaimana peningkatan kemampuan memahami isi wacana setelah dilakukan pembelajaran metode tanya jawab. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa semula sebanyak 7 orang siswa yang belum tuntas belajar pada siklus I. Pada siklus II sebanyak 27 orang siswa yang dikatak tuntas sedangkan pada siklus rata-rata kelas pada siklus I sebanyak 74.07 % mengalami peningkatan pada sikuls II sebanyak 85,92% ketuntasan hasil belajar siklus I diperoleh 74,07% naik menjadi 100% pada siklus II juga mengalami peningkatan. Hasil observasi juga menunjukakan peningkatan minat terhadap pelajaran dengan penerapan metode Tanya jawab. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan memahami isi wacana dapat ditingkatkan dengan penerpan metode Tanya jawab pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV semester II SDN I Sandik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): : Efektivitas, Metode Tanya Jawab, Wacana.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 18 Oct 2018 01:51
Last Modified: 18 Oct 2018 01:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8760

Actions (login required)

View Item View Item