PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA DAN ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARAN MATERI POKOK JARING-JARING BALOK DAN KUBUS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 6 JEROWARU TAHUN AJARAN 2009-2010

AHROH, EMA SOFIANA (2010) PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA DAN ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARAN MATERI POKOK JARING-JARING BALOK DAN KUBUS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 6 JEROWARU TAHUN AJARAN 2009-2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH SKRIPSI.doc

Download (2MB)

Abstract

Salah satu permasalahan pendidikan Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan pada jenjang dan satuan pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah. Berdasarkan observasi awal yang telah dilaksanakan oleh peneliti memperoleh informasi dari guru yang mengajar disana mengatakan bahwa selama ini minat siswa untuk mempelajari matematika masih terhitung rendah. Siswa cenderung menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang tidak menyenangkan dan tidak perlu diprioritaskan. Selain siswa menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang tidak menyenagkan rendahnya prestasi belajar siswa juga disebabkan karna kurangnya kreativitas guru dalam memilih pendekatan yang sesuai dengan keadaan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 6 Jerowaru pada materi pokok jaring-jaring balok dan kubus dengan menerapkan pembelajaran keterampilan proses melalui penggunaan LKS dan alat peraga tahun ajaran 2009-2010. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian siklus I, pada pertemuan pertama total sekor aktivitas belajar siswa adalah 9,32 dengan kategori cukup aktif dan pada pertemuan kedua total sekor aktivitas belajar siswa 12,66 dengan kategori aktif dan nilai rata-rata prestasi belajar siswa mencapai 74,55. jika dilihat dari indikator keberhasilan penelitian maka pada siklus I bisa dikatakan belum berhasil. Sedangkan hasil penelitian pada siklus II, pada pertemuan pertama total sekor aktivitas belajar siswa adalah 14,65 dengan kategori sangat aktif dan pada pertemuan kedua total sekor aktivitas belajar siswa adalah 16,66 dengan kategori sangat aktif dan nilai rata-rata prestasi belajar siswa mencapai 88,97 dan mengalami peningkatan dari siklus I. Hal ini memperlihatkan bahwa indikator kerja telah tercapai.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Lembar Kerja Siswa, Alat Peraga, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 18 Oct 2018 01:51
Last Modified: 18 Oct 2018 01:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8764

Actions (login required)

View Item View Item