PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BILANGAN PADA SISWA KELAS IV SDN 11 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2010/2011

WATHI, IDA AYU CITRA (2010) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BILANGAN PADA SISWA KELAS IV SDN 11 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.doc

Download (58kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (97kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (159kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (308kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (14kB)

Abstract

Prestasi belajar siswa kelas IV SDN 11 Cakranegara masih rendah. Hal ini dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang digunakan lebih didominan dan terpusat pada guru sehingga siswa hanya sebagai pendengar, memperhatikan dan mencatat apa yang disampaikan guru. Untuk mengatasi hal ini, guru menerapkan metode problem solving yang dapat merangsang siswa untuk mau berpikir, menganalisa suatu persoalan sehingga menemukan pemecahannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan langkah-langkah atau tahap-tahap pelaksanaan pembelajaran dengan metode problem solving sebagai upaya meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika dikelas IV SDN 11 Cakranegara tahun ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SDN 11 Cakranegara yang berjumlah 34 orang siswa. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru dan siswa, serta tes hasil belajar siswa. Penelitian ini dikatakan berhasil jika aktivitas belajar siswa memenuhi kriteria minimal aktif, aktivitas guru memenuhi kriteria minimal baik, prestasi belajar siswa dan pembelajaran berlangsung secara efektif jika ketuntasan minimal ≥85%. Berdasarkan penelitian siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 71 dengan persentase ketuntasan klasikal 73%. Pada siklus II rata-rata kelas 76,56 dan persentase ketuntasan klasikal 82,76% dan siklus III nilai rata-rata kelas sebesar sebesar 88,83 dengan persentase ketuntasan klasikal 93%. Hasil ini menunjukkan terjadinya peningkatan rata-rata dari siklus ke siklus sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode problem solving pada pokok bahasan operasi hitung bilangan dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV SDN 11 cakranegara tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Prestasi, belajar, metode, problem solving
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 18 Oct 2018 01:51
Last Modified: 18 Oct 2018 01:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8767

Actions (login required)

View Item View Item