PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK SISTEM KOLOID PADA SISWA KELAS XI IPA SMAN 2 MATARAM

ERNASARI, FIDYA (2010) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK SISTEM KOLOID PADA SISWA KELAS XI IPA SMAN 2 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal Fidya Ernasari.pdf

Download (943kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan peta konsep terhadap hasil belajar kimia materi pokok sistem koloid pada siswa kelas XI IPA SMAN 2 Mataram. Jenis penelitian yang digunakan berupa penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 2 Mataram. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 6 dan XI IPA 7 yang ditentukan melalui teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan peta konsep untuk kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional untuk kelas kontrol. Variabel terikatnya adalah hasil belajar kimia siswa dalam ranah kognitif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian pretest dan posttest dalam bentuk tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Gain uji-t dengan pengambilan keputusan didasarkan pada uji hipotesis satu pihak (uji pihak kanan). Gain uji-t digunakan untuk menganalisis data hasil belajar kimia siswa, didapatkan thitung (2,71) > ttabel (1,67). Hasil tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan peta konsep memberikan pengaruh yang lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar kimia materi sistem koloid pada siswa kelas XI IPA SMAN 2 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), peta konsep, hasil belajar, sistem koloid.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Oct 2018 01:48
Last Modified: 18 Oct 2018 01:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8794

Actions (login required)

View Item View Item