Widyawati, Ika (2018) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENGEMBANGKAN TAHAPAN PENILAIAN SIKAP SOSIAL PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMPN SE-KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
1 COVER SKRIPSI.docx Download (115kB) |
||
Text
12 ABSTRAK.docx Download (18kB) |
||
|
Text
2 Persetujuan Skripsi.pdf Download (125kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam mengembangkan tahapan penilaian sikap sosial pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri Se-Kota Mataram berdasarkan Permendikbud RI No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dibantu dengan persentase dan teknik analisis Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi pedagogik guru PPKn dalam mengembangkan tahapan penilaian sikap sosial di SMPN se-kota Mataram berada pada kategori Baik. Adapun rincian tahapan penilaian meliputi: 1) perencanaan penilaian sikap sosial siswa berada pada kategori Baik (75.38%); 2) pelaksanaan penilaian sikap sosial siswa berada pada kategori Baik (70.62%); dan 3) tindak lanjut hasil penilaian sikap sosial siswa berada pada kategori Baik (78.75%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru dalam mengembangkan tahapan penilaian sikap sosial pada mata pelajaran PPKn di SMPN Negeri se-kota Mataram berada pada kategori Baik dengan persentase 74.91%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | : Kompetensi Pedagogik , Penilaian Sikap Sosial, Tahapan Penilaian Sikap Sosial |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 18 Oct 2018 01:48 |
Last Modified: | 18 Oct 2018 01:48 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8796 |
Actions (login required)
View Item |