PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN LEARNING BY DOING (BELAJAR MELALUI PENGALAMAN LANGSUNG) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS V SDN DASAN BARUTAHUN AJARAN 2009 / 2010.

SUSANTI, BAIQ INDAH (2010) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN LEARNING BY DOING (BELAJAR MELALUI PENGALAMAN LANGSUNG) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS V SDN DASAN BARUTAHUN AJARAN 2009 / 2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I. RVS.doc

Download (65kB)
[img] Text
BAB II.RVS.doc

Download (64kB)
[img] Text
BAB III rev 2.doc

Download (75kB)
[img] Text
BAB IV rev 2.doc

Download (126kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN RVS.doc

Download (22kB)

Abstract

Melaksanakan proses belajar mengajar di kelas V SDN Dasan Baru banyak masalah yang di hadapi guru. Salah satu dari masalah tersebut adalah rendahnya prestasi belajar siswa, terutama dalam pembelajaran Sains. Hal ini disebabkan proses pembelajaran Sains hanya mentransfer konsep-konsep yang termuat dalam buku teks. Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan kebanyakan proses pembelajaran IPA masih berpusat pada guru dan kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk membangun pengalaman sendiri melalui percobaan langsung. Percobaan langsung pembelajaran Sains perlu dikembangkan sejak dini karena merupakan dasar yang diperlukan untuk memahami masalah-masalah pembelajaran Sains.untuk mengatasi masalah tersebut diadakan solusi dengan melakukan pembaharuan metode pembelajaran yang memungkinkan siswa berperan lebih aktif yaitu dengan menggunakan metode Learning By Doing (belajar melalui pengalaman langsung). Dengan metode pembelajaran ini diharapkan siswa terdorong untuk memperoleh pengalaman dan melakukan percobaan yang memungkinkan mereka menemukan konsep sendiri. Secara garis besar metode Learning By Doing (belajar melalui pengalaman langsung) terdiri atas kegiatan-kegiatan asimilasi, presentasi, organisasi, eksplorasi dan resitasi. Penelitian ini dilakukan untuk menerapkan metode Learning By Doing (belajar melalui pengalaman langsung) guna meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sains pada siswa kelas V SDN Dasan Baru tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 18 orang. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan alur penyusunan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar evaluasi (soal-soal), lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil evaluasi siswa siklus I dan siklus II mengalami peningkatan prosentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 72,22%, 83,33%. Peningkatan prosentase ketuntasan belajar dibarengi dengan peningkatan nilai rata-rata kelas masing-masing sebesar 65,83; 74,16. Pada siklus II telah tercapai peningkatan prestasi belajar klasikal dimana minimal 75% siswa mencapai nilai minimal 60. Dengan demikikan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode Learning By Doing (belajar melalui pengalaman langsung) dapatmeningkatkan prestasi belajar Sains siswa kelas V SDN Dasan Baru.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): metode Learning By Doing dan prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 18 Oct 2018 01:47
Last Modified: 18 Oct 2018 01:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8807

Actions (login required)

View Item View Item