PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI HIDROKARBON PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 LEMBAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

NOVITASARI, NOVITASARI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI HIDROKARBON PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 LEMBAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran lebih sering dilakukan dengan menggunakan metode ceramah oleh guru kimia SMAN 2 lembar kelas X. Akibatnya pembelajaran semacam ini membuat siswa jenuh dan mengantuk dengan kegiatan pembelajaran yang monoton. Hal ini lah yang menjadi salah satu penyebab rendahnya hasil belajar kimia siswa SMAN 2 Lembar. Agar proses pembelajaran terlaksana dengan baik, maka perlu adanya model-model pembelajaran. Salah satunya adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang termasuk dalam pendekatan berpikir dan berbasis masalah ialah model pembelajaran circuit learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Circuit Learning terhadap hasil belajar kimia materi hidrokarbon siswa kelas X SMAN 2 Lembar tahun ajaran 2015/2016. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMAN 2 Lembar sejumlah 44 orang, sampel yang digunakan adalah kelas X2 (kelas eksperimen) dan X1 (kelas kontrol), melalui tehnik pengambilan sampel secara Sampling Jenuh, dengan desain penelitian Nonequivalent control group design. variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran Circuit Learning dan variabel terikatnya hasil belajar siswa. Digunakan uji validitas dan reliabilitas instrument pretest dan posttest kelas X SMAN 2 Lembar. Perhitungan analisis data uji hipotesis menggunakan statistika ANAKOVA. Nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (Fhitung = 6,11>Ftabel = 4,06) dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan uji hipotesis, ada pengaruh signifikan model pembelajaran Circuit Learning terhadap hasil belajar kimia materi hidrokarbon pada siswa kelas X SMAN 2 Lembar tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Circuit Learning, Hasil Belajar, Hidrokarbon.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 15 Sep 2017 02:36
Last Modified: 15 Sep 2017 02:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/881

Actions (login required)

View Item View Item