PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA TULIS DAN MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 1 MENINTING TAHUN AJARAN 2009/2010

Rizki, Indina (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA TULIS DAN MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 1 MENINTING TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC.rtf

Download (39MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berdasarkan lemahnya pemahaman siswa terhadap suatu konsep, kesalahan dalam menuliskan suatu kata sesuai dengan huruf, dan minimnya perbendaharaan kata yang dimiliki oleh siswa. Siswa tidak memiliki cara atau trik khusus untuk memahami suatu bacaan dan mengungkapkan pemahamannya terhadap bacaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan cara atau trik kepada siswa dalam memahami konsep suatu bacaan sehingga dapat dimengerti dengan mudah. Siswa dapat menulis kata dengan benar dan mampu mengembangkan kata menjadi uraian kalimat, dan siswa mampu menjawab soal dengan tepat. Maka dari itu peneliti mengangkat judul ini dengan dasar penggunaan model pembelajaran CIRC. CIRC merupakan salah satu strategi model pembelajaran yang diterapkan secara terpadu dalam aspek membaca dan menulis. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Instrumen yang digunakan adalah lembar evaluasi dan penilaian performance serta lembar observasi sebagai penilaian terhadap aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hasil evaluasi yang dilihat dalam penelitian ini yaitu pada aspek membaca dan aspek menulis. Nilai rata-rata membaca yang diperoleh siswa pada siklus 1 adalah 72,44 dengan persentase ketuntasan 61,3 % dari 31 siswa yang mengikuti tes, dan nilai rata-rata menulis siswa siklus 1 adalah 78,78 dengan persentase ketuntasan 84,4 %. Sedangkan hasil evaluasi membaca siswa siklus 2 adalah 83 dengan persentase ketuntasan 84,4 %, dan evaluasi menulis siswa siklus 2 adalah 79,9 dengan persentase ketuntasan 78,1 %. Jadi, dapat disimpulkan bahwa keterampilan berbahasa tulis dan membaca siswa menjadi meningkat dengan adanya penerapan model pembelajaran CIRC pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SDN 1 Meninting.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran CIRC dan keterampilan berbahasa tulis dan membaca.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 18 Oct 2018 01:47
Last Modified: 18 Oct 2018 01:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8810

Actions (login required)

View Item View Item