MUTIAWATI, MUTIAWATI (2010) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBASIS TEORI PEMBELAJARAN BRUNER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN GEOMETRI PADA SISWA KELAS IV SDN 48 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
cover.doc Download (95kB) |
|
Text
DAFTAR ISI MUTIAWATI.doc Download (144kB) |
|
Text
RINGKASAN SKRIPSI MUTIAWATI.doc Download (161kB) |
|
Text
SKRIPSI MUTIAWATI.doc Download (294kB) |
Abstract
Menurut Ruseffendi (dalam Heruman, 2007: 1), matematika adalah bahasa simbol, ilmu deduktif yang tidak menerima pembuktian secara induktif. Ilmu tentang pola keteraturan,dan struktur yang terorganisasi, mulai dari unsur yang tidak didefinisikan, ke unsur yang didefinisikan, ke aksioma atau postulat, dan akhinya ke dalil. Sedangkan tujuan, bertumpu pada kesepakatan, dan pola pikir yang deduktif. Siswa sekolah dasar (SD) umurnya berkisar antara 6-13 tahun. Menurut Piaget (dalam Heruman, 2007: 1), mereka berada pada fase operasional konkret. Kemampuan yang tampak pada fase ini adalah kemampuan dalam proses berpikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika, meskipun masih terikat dengan objek yang bersifat konkret. Sedangkan materi dan konsep matematika sebagian besar masih bersifat abstrak. Menurut Djamarah (2006: 3), metode mempunyai andil yang cukup besar dalam kegiatan belajar mengajar, kemampuan yang diharapkan dimiliki oleh anak didik akan ditentukan oleh penggunaan suatu metode yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan. Dengan menggunakan metode pengajaran yang tepat akan meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan menguasai materi pelajaran sehingga pencapaian tujuan pengajaran dapat ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | pendidikan, pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Saprudin Saprudin |
Date Deposited: | 18 Oct 2018 01:46 |
Last Modified: | 18 Oct 2018 01:46 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8819 |
Actions (login required)
View Item |