PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN CAHAYA KELAS V SDN 2 DOPANG TAHUN PELAJARAN 2009/2010

YUSPINA, HATI (2010) PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN CAHAYA KELAS V SDN 2 DOPANG TAHUN PELAJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] Text
BAB II.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
BAB III, IV, DAN IV.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text
LAMPIRAN AWAL.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran IPA yang dilaksanakan guru di SD Negeri 2 Dopang banyak menerapkan metode ceramah. Oleh karena iti peneliti tertarik melakukan penelitian dengan permasalahan ”apakah penerapan metode inkuiri terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pokok bahasan cahaya kelas V SD Negeri 2 Dopang tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penerapan metode inkiuiri terbimbing pada pokok bahasan cahaya siswa kelas V SD Negeri 2 Dopang tahun pelajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi/evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus dengan menggunakan lembar observasi kegiatan guru, observasi aktivitas belajar siswa dan test prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Dopang pada materi pokok cahaya dengan menerapkan metode inkuiri terbimbing. Pada siklui I di peroleh rata-rata kelas sebesar 59,75 dengan ketuntasan belajar 65%, dari siswa yang dapat nilai minimal 65 karena ketuntasan belajar siklus I belum tercapai, maka penelitian ini dilanjutkan pada siklus II. Tindakan yang diberikan pada siklus II lebih pada memotivasi siswa, membimbing siswa yang kurang aktif, melakukan tanya jawab untuk menguji pemahaman siswa terhadap matari. Setelah dilkukan perbaikan, diperoleh ketuntasan belajar pada siklus II yaitu dengan nilai rata-rata 72,5 dan ketuntasannya 85%, maka penelitian ini tidak dilanjutkan pada siklus berikutnya. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan metode inkuiri terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pokok bahasan cahaya kela V SDN 2 Dopang tahun pelajaran 2009/2010

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Inkuiri Terbimbing, Prestasi Belajar, cahaya
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Nov 2018 03:07
Last Modified: 07 Nov 2018 03:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8835

Actions (login required)

View Item View Item