PENERAPAN METODE INQUIRI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SDN 1 GUNTUR MACAN KECAMATAN GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2009/2010

SYAHRAINI, RIZA (2010) PENERAPAN METODE INQUIRI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SDN 1 GUNTUR MACAN KECAMATAN GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi riza syahraini.doc

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa terutama pada pembelajaran matematika, serta kurangnya aktivitas siswa dalam belajar. Hal ini disebabkan karena pada proses pemebelajaran yang masih berorientasi pada guru. pada metode ini, guru menjelaskan materi kemudian memberikan latihan soal-soal untuk dikerjakan secara kelompok, siswa bertindak sebagai objek dalam pemebelajaran yang menerima dan mencatat penjelasan dari guru, hal ini akan mengakibatkan kurangnya aktivitas siswa dalam belajar. oleh karena itu, agar proses pembelajaran berjalan dengan baik maka diperlukan suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, salah satu metode pembelajaran seperti ini adalah metode pembelajaran Inquir. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Guntur Macan pada pemebalajaran matematika melalui penerapan metode Inquiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan yang mana pertemuan pertama untuk proses pembelajaran dan pertemuan kedua untuk evaluasi. sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Guntur Macan yang berjumlah 37 orang. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui lembar observasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa jumlah skor aktivitas siswa dalam 2 siklus selalu mengalami peningkatan. pada siklus I skor aktivitas siswa adalah 15 dengan kategori aktif sedangkan pada siklus II skor aktivitas siswa adalah 18 dengan kategori sangat aktif. selain itu juga, rata-rata nilai prestasi belajar siswa pada siklus I adalah 59, 49 sedangkan rata-rata nilai siswa pada siklus II adalah 71,75 rata-rata nilai siswa dalam siklus II mengalami peningkatan dibandingkan pada siklus I, hal ini disebabkan karena siswa aktif menemukan sendiri konsep-konsep yang ada dalam LKS sehingga materi yang ditemukan akan lama diingat. Berdasarkan hasil tertsebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Inquiri dapat meningkatkan aktivitasdan prestasi belajar siswa kelas V SDN 1 Guntur Macan pada pembelajaran matematika

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Inquiri, aktivitas, Prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Nov 2018 03:06
Last Modified: 07 Nov 2018 03:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8836

Actions (login required)

View Item View Item