PENERAPAN METODE INQUIRI TERPIMPIN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III SDN 25 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010

ROHANA, ROHANA (2010) PENERAPAN METODE INQUIRI TERPIMPIN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III SDN 25 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
I LOVE YOU SKIPSI KU.doc

Download (360kB)

Abstract

Selama ini metode pembelajaran yang digunakan masih berorientasi pada guru (ceramah) dan partipasi siswa dalam pembelajaran masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode inquiri terpimpin dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas III SDN 25 Ampenan tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan indikator keberhasilan adalah aktivitas belajar siswa minimal berkategori aktif dan tercapai ketuntasan klasikal minimal 85% dan nilai rata-rata kelas yaitu ≥ 60. Hasil penelitian siklus I dan II memperlihatkan bahwa skor aktivitas belajar siswa berturut-turut adalah 3,14 dan 3,42 dengan kategori aktif dan sangat aktif. Aktivitas mengajar guru pada siklus I berkategori Baik dan berkategori Baik sekali pada siklus II. Rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I adalah 63,06 dengan presentase ketuntasan klasikal adalah 80,64%, dan siklus II sebesar 78,12 dengan presentase ketuntasan klasikalnya adalah 100%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode inquiri terpimpin dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III SDN 25 Ampenan pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peningkatan Prestasi Belajar dan Metode Inquiri Terpimpin
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 25 Oct 2018 03:19
Last Modified: 25 Oct 2018 03:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8837

Actions (login required)

View Item View Item