PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SEMESTER II SDN 3 BAGIK POLAK LABUAPI

UZARI, AHMAD (2010) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SEMESTER II SDN 3 BAGIK POLAK LABUAPI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I-III AHMAD.doc

Download (456kB)
[img] Text
BAB IV AHMAD.doc

Download (577kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (222kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan wali kelas V SDN 3 Bagik Polak terdapat beberapa masalah pada waktu pembelajaran IPS yaitu, rendahnya hasil belajar siswa,rendahnya perhatian siswa terhadap proses pembelajaran IPS masih rendah. Kondisi ini dapat dilihat dari pasifnya siswa dalam kelas. Untuk mengatasi permasalahan yang ada guru hendaknya memperbaiki system pembelajaran, salah satu caranya dengan menerapkan metode snowball throwing. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 3 Bagik Polak Labuapi tahun ajaran 2009/2010 melalui penerapan metode snowball throwing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklusnya berlangsung dalam tiga kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 3Bagik Polak tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 21 orang. Data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes yang berbentuk essay pada akhir siklus, sedangkan data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi. Data hasil belajar tersebut diolah dengan menggunakan rumus standar kelulusan klasikal. Berdasarkan hasil observasi siklus I, II dan III diperoleh rata-rata skor aktivitas belajar siswa berturut-turut 14 pada siklus I,15,5 pada siklus II dan 17,5 pada siklus III yang berkategori sangat aktiv. Untuk persentase ketuntasan klasikal berdasarkan KKMyang ditetapkan yaitu 70. Pada siklus I persentase ketuntasan belajar klasikal siswa kelas V SDN 3Bagik Polak yaitu 0% menjadi 28,56% pada siklus II dan siklus III menjadi 85,70%. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan metode snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS semester II tahun ajaran 2009/2010. Bagi pemerhati dan pengambil kebijakan pendidikan semoga skripsi ini bisa menjadi rujukan dalam penerapan metode pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Snowball Throwing, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Oct 2018 02:11
Last Modified: 25 Oct 2018 02:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8875

Actions (login required)

View Item View Item