PENERAPAN MODEL BELAJAR SAINS (CHILDREN LEARNING IN SAINS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SDN 2 KEKERI TAHUN AJARAN 2009/2010

Suryatiningasih, Lale Wiwien (2010) PENERAPAN MODEL BELAJAR SAINS (CHILDREN LEARNING IN SAINS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SDN 2 KEKERI TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
COVER.docx

Download (193kB)
[img] Text
bab 1 .docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB 2.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB 3.docx

Download (56kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melihat permasalahan yang dihadapi yakni hasil belajar IPA yang masih rendah dengan rata – rata 55. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar mata pelajaran IPA bagi siswa kelas III Sekolah Dasar dengan menerapkan model belajar sains (Children Learning In Sains). Pengumpulan data dilakukan terhadap 23 siswa kelas III SDN 2 Kekeri semester II tahun ajaran 2009/2010. Metode pengumpulan data digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Data yang diperoleh secara kualitatif adalah data observasi guru, data yang diperoleh secara kuantitatif adalah data tentang hasil belajar siswa . Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Children Learning In Sains dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Peningkatan ini ditunjukkan oleh perbandingan rata – rata hasil belajar yang dicapai anatara siklus I (70), siklus II (76,30) peningkatan prosentase 6,3% dan siklus III (95,13) peningkatan prosentase 18,83%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Clis, hasil, belajar, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Oct 2018 02:11
Last Modified: 25 Oct 2018 02:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8876

Actions (login required)

View Item View Item