PENERAPAN PENDEKATAN COOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN PKN SD NEGERI 3 GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2009/2010 PENERAPAN PENDEKATAN COOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN PKN SD NEGERI 3 GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2009/2010

SALAQI, GELLIS DEKA (2010) PENERAPAN PENDEKATAN COOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN PKN SD NEGERI 3 GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2009/2010 PENERAPAN PENDEKATAN COOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN PKN SD NEGERI 3 GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI S1 PGSD.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa sistem pembelajaran mata pelajaran PKn selama ini cendrung menggunakan metode ceramah oleh guru sementara kelas tidak di kontrol sehingga pembelajaran menjadi tidak kondusif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana motivasi belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Cooperatif Learning tipe Jigsaw. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri 3 Gunungsari Lombok Barat dengan jumlah 23 siswa. Langkah penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus yang diteliti memiliki tahapan-tahapan antara lain : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, refleksi. Selanjutnya untuk menguji hipotesis yang diajukan, digunakan lembar observasi guru, dan lembar observasi siswa yang dinilai oleh dua orang observer yaitu guru PKn, dan teman sejawat. Observasi siswa berisikan tentang aktivitas siswa ketika proses belajar mengajar berlangsung. Sedangkan observasi guru berisi tentang aktivitas guru yang sedang di observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa observasi guru dari siklus I (61.25) pada siklus II meningkat menjadi (77.5), hasil observasi motivasi belajar siswa siklus I (41.67) pada siklus II meningkat (81.25), dan hasil observasi aktivitas belajar siswa siklus I (56.25) pada siklus II meningkat (81.25). Setelah penelitian dilakukan dan hasil penelitian dianalisa, penerapan pendekatan coopeatif learning ternyata mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Peningkatan motivasi belajar siswa berdampak terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Mata pelajaran PKn adalah salah satu mata pelajaran yang diharapkan dapat mempersiapkan peserta didik menjadi warga negara yang memiliki komitmen kuat dan konsisten untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Untuk itu disarankan agar dapat menggunakan pendekatan Cooperatif Learning tipe Jigsaw secara optimal dan profesional dalam menyampaikan materi PKn, karena dengan menggunakan penerapan pendekatan Cooperatif Learning tipe Jigsaw, motivasi dan prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Motivasi belajar, Cooperatif Learning tipe Jigsaw
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Oct 2018 02:11
Last Modified: 25 Oct 2018 02:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8883

Actions (login required)

View Item View Item