ISKANDAR, ISKANDAR (2010) PENERAPAN PENDEKATAN LEARNING COMMUNITY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN IPS SD NEGERI 3 GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
BAB I-V.doc Download (309kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.doc Download (39kB) |
|
Text
sampul depan.doc Restricted to Repository staff only Download (463kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sistem pembelajaran IPS selama ini cendrung menggunakan metode ceramah oleh guru, sementara kelas tidak di kontrol sehingga pembelajaran menjadi tidak kondusif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana prestasi belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Learning Comunity. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 3 Gunungsari dengan jumlah 23 orang siswa. Langkah penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus yang diteliti memiliki tahapan-tahapan antara lain: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, refleksi. Selanjutnya untuk menguji hipotesis yang diajukan, digunakan lembar observasi guru, dan lembar observasi siswa yang dinilai oleh dua orang observer yaitu guru IPS, dan teman sejawat. Observasi siswa berisikan tentang aktivitas siswa ketika proses belajar mengajar berlangsung. Sedangkan observasi guru berisi tentang aktivitas guru yang sedang di observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa observasi guru dari siklus I memperoleh presentase 70 % pada siklus II meningkat menjadi 83,3 %. Hasil observasi prestasi belajar siswa siklus I memperoleh persentase 69,5 % pada siklus II meningkat menjadi 87 %. Setelah penelitian dilakukan dan hasil penelitian dianalisa, penerapan pendekatan learnng comunity ternyata mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Peningkatan prestasi belajar siswa berdampak terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Mata pelajaran IPS seperti yang dideskripsikan di atas diharapkan terbinanya sikap peserta didik yang peka terhadap masalah sosial yang memberikan pelajaran dan membantu peserta didik untuk mengenal hubungan manusia dengan lingkungan sekitar. Untuk itu disarankan agar dapat menggunakan pendekatan learning comunity secara optimal dan profesional dalam menyampaikan materi IPS, karena dengan menggunakan penerapan pendekatan learning comunity, prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Prestasi Belajar, Learning Comunity |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 25 Oct 2018 02:11 |
Last Modified: | 25 Oct 2018 02:11 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8886 |
Actions (login required)
View Item |