PENERAPAN PENDEKATAN PENEMUAN KONSEP UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS IV SDN 23 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2009/2010

ZULFA, INDANA (2010) PENERAPAN PENDEKATAN PENEMUAN KONSEP UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS IV SDN 23 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)

Abstract

Karakteristik siswa kelas IV di SDN 23 Cakranegara yang pasif dan cenderung individualis, mengakibatkan komunikasi dalam proses belajar mengajar berlangsung satu arah dan tidak seimbang, sehingga siswa kurang termotivasi untuk terlibat aktif dalam proses menemukan suatu konsep atau prinsip dari materi yang dipelajarinya. Akibatnya, prestasi belajar siswa rendah. Selain itu, rata-rata nilai ujian semester 2 tahun ajaran 2008/2009 masih rendah yaitu di bawah 60. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendekatan penemuan konsep dalam meningkatkan prestasi belajar materi kubus dan balok siswa kelas IV SDN 23 Cakranegara Tahun Ajaran 2009/2010. Pembelajaran dengan pedekatan penemuan konsep ini menekankan pada aktivitas siswa untuk bekerjasama dengan kelompok, menemukan suatu konsep, prinsip atau hubungan antar konsep materi yang dipelajari dengan kehidupan nyata siswa dan mengemukakan setiap penemuan tersebut, sedangkan guru bertindak sebagai fasilitator dan pembimbing dalam setiap kegiatan yang dilakukan siswa. Dalam pelaksanaannya siswa melakukan diskusi kelompok dan serangkaian percobaan bersama kelompoknya untuk menemukan suatu konsep dan prinsip dalam materi yang diajarkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Dalam penelitian ini digunakan metode tes dan observasi. Data aktivitas siswa dan guru diambil menggunakan lembar observasi, sedangkan data prestasi belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada tiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor aktivitas siswa pada siklus I, II, dan III adalah 2,45, 3,05, dan 3,64 dengan kriteria cukup aktif, aktif dan sangat aktif. Rata-rata skor prestasi belajar siswa pada siklus I, II, III adalah 71,18, 73,68 dan 85,5. Hal ini berarti bahwa penelitian ini telah memenuhi indikator yang ingin dicapai.Hasil yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa Penerapan pendekatan penemuan konsep dapat meningkatkan prestasi belajar materi kubus dan balok pada siswa kelas IV SDN 23 Cakranegara tahun ajaran 2009-2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): penemuan konsep, prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Oct 2018 02:11
Last Modified: 25 Oct 2018 02:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8888

Actions (login required)

View Item View Item