PENERAPAN TEKNIK VISUAL DAN KINESTETIK SEBAGAI PENGEMBANGAN TEORI BELAJAR BRUNER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 46 CAKRANEGARA TA 2009/2010

YUNANDARI, NI PUTU RITA AYU (2010) PENERAPAN TEKNIK VISUAL DAN KINESTETIK SEBAGAI PENGEMBANGAN TEORI BELAJAR BRUNER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 46 CAKRANEGARA TA 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
yunan.doc
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dari hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas diketahui bahwa dalam pelajaran matematika, prestasi belajar siswa cukup rendah dibandingkan dengan pelajaran yang lain, terutama dalam materi pokok pecahan.. Matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang bersifat abstrak. Sehingga dirasakan sulit bagi siswa yang berada pada tingkat sekolah dasar. Berkenaan dengan hal tersebut, maka banyak teknik belajar yang digaungkan untuk mengatasi masalah pembelajaran dalam matematika khususnya materi pecahan. Salah satunya adalah teknik visual dan kinestetik sebagai pengembangan teori belajar Bruner, yaitu suatu teknik yang memadukan penglihatan dan gerak motorik melalui serangkaian tahap enaktif, ikonik dan simbolik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan melalui 4 tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 46 Cakranegara tahun ajaran 2009/2010. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah apabila rata-rata prestasi belajar meningkat secara signifikan dan ketuntasan belajar klasikal tercapai, yaitu ≥ 85% siswa memperoleh nilai ≥ 65. Berdasarkan hasil evaluasi siklus I, siklus II, dan siklus III diperoleh rata-rata skor aktivitas belajar siswa berturut-turut 12,5; 14; 14,5; yang memilki kategori cukup aktif, sangat aktif dan sangat aktif. Sedangkan rata-rata skor hasil evaluasi siswa, pada siklus I, II, dan III masing-masing sebesar ; 71,5; 75, dan 81,33 sehingga dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan secara signifikan. Ketuntasan belajar secara klasikal berturut-turut dari siklus I, II dan III adalah 60%, 70% dan 90%. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan teknik visual dan kinestetik sebagai pengembangan teori belajar Bruner dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi pokok pecahan di kelas IV SDN 46 Cakranegara TA 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): teori belajar Bruner, teknik visual kinestetik, prestasi, aktivitas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Oct 2018 02:10
Last Modified: 25 Oct 2018 02:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8890

Actions (login required)

View Item View Item