PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA POKOK BAHASAN LUAS BANGUN DATAR KELAS VB SDN 3 SESELA GUNUNG SARI TAHUN PELAJARAN 2009/ 2010

MOZARITA, BAIQ MEGARANI (2010) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA POKOK BAHASAN LUAS BANGUN DATAR KELAS VB SDN 3 SESELA GUNUNG SARI TAHUN PELAJARAN 2009/ 2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
COVER3.doc

Download (54kB)
[img] Text
BAB IV dan V.doc

Download (176kB)
[img] Text
BAB I -III NEW.doc

Download (222kB)
[img] Text
ABSTRAK.doc
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)

Abstract

Kemajuan teknologi yang pesat, khususnya teknologi informasi, menuntut suatu perubahan yang besar dalam system pendidikan nasional, seperti kita ketahui, pendidikan dewasa ini bukan lagi dalam gelombang kehidupan tradisional, tetapi ia telah berada dalam gelombang kehidupan era komunikasi dan imformasi. Kelemahan yang mendasar biasanya terjadi dalam kegiatan belajar mengajar justru terletak pada inti aktivitas pembelajaran itu sendiri, yaitu pelaksanaan kegiatan mengajar yang melibatkan guru dan siswa serta interaksinya satu sama lain. Oleh karena itu lembaga-lembaga pendidikan berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan berbagai cara terutama peningkatan mutu guru pada proses pembelajaran di sekolah dalam membimbing siswa menguasai materi pelajaran. Sains berkaitan dengan cara mencari tahu tentang gejala alam secara sistematis, sehingga sains bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa faktor-faktor, konsep-konsep, atau prinsp-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan Sains diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar serta prospek pembangunan lebih lanjut dalam menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam proses pembelajaran banyak masalah yang dihadapi oleh seorang guru. Dalam pembelajarannya guru masih kurang inovatif dan kreatif dalam mencari dan menemukan metode pembelajaran yang dapat merangsang motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran hanya menerapkan pembelajara ekspositori yaitu salah satu pembelajaran lebih didominasi oleh guru atau guru yang lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran, sedangkan siswa hanya mendengarkan dan mencatat. Selain itu interaksi antara siswa yang satu dengan siswa yang lain masih kurang kondusif dan tidak ada inisiatif dari siswa yang lain untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami kepada guru. Siswa masih bersifat pasif, sering hanya mendengar penjelasan dari guru dan tidak mempersiapkan diri dengan baik sebelum pelajaran di mulai.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pendidikan, pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Oct 2018 02:10
Last Modified: 25 Oct 2018 02:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8893

Actions (login required)

View Item View Item