IDENTIFIKASI METODE PEMBELAJARAN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD SE-KECAMATAN GUNUNG SARI TAHUN AJARAN 2012/2013

NURHASANAH, NURHASANAH (2013) IDENTIFIKASI METODE PEMBELAJARAN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD SE-KECAMATAN GUNUNG SARI TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
RINGKASAN.docx

Download (82kB)

Abstract

Pada umumnya peran guru dalam mengembangkan bahasa anak usia 5-6 tahun di PAUD se-Kecamatan Gunung Sari masih kurang karena metode-metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru masih monoton, guru hanya menggunakan metode bercakap-cakap dalam pelaksanaan pembelajaran, belum sesuai dengan karakteristik anak usia 5-6 tahun yang sudah dapat melakukan peran, pendengar yang baik dan bercerita. serta belum mengembangkan bahasa anak secara bertahap, guru langsung mengajarkan anak membaca, menulis dan berhitung. Sehingga perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun kurang berkembang. Perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di PAUD se-Kecamatan Gunung Sari belum memilki kosa kata yang sesuai tahapan usianya dan masih belum bisa mengutarakan pendapatnya kepada orang lain, hal ini terlihat dari komunikasi yang mereka gunakan sehari-hari di sekolah, kadang juga anak tidak mau mengutarakan pendapatnya kalau diminta oleh guru ketika melakukan kegiatan. Seharusnya anak usia 5-6 rata-rata sudah dapat menggunakan 2.500 kosa kata yang berbeda dan anak sudah dapat mengutarakan pendapatnya kepada orang lain dengan baik. Sehingga peran guru di dalam menerapkan metode pembelajaran sangat menentukan di dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak didiknya dalam proses kegiatan pembelajaran. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti bahwa, masih banyak metode pembelajaran yang diterapkan guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak belum maksimal capainnya di lembaga-lembaga pendidikan anak usia dini, sehingga memunculkan berbagai permasalahan seperti: metode pembelajaran masih monoton sehingga anak cepat bosan dengan kegiatan yang dilakukan, guru yang kurang mengerti tentang karakteristik anak, hal ini tentunya akan berdampak pada perkembangan anak. Metode pembelajaran yang diterapkan dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak seharusnya bervariasi seperti metode bercerita, tanya jawab, bercakap-cakap, bermain peran, sosiodrama, dan karyawisata. Dengan Penerapan metode pembelajaran yang bervariasi dan cocok atau sesuai sehingga kemampuan bahasa anak dapat berkembang dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): hukum, peran pembelajaran
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 24 Oct 2018 00:50
Last Modified: 24 Oct 2018 00:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8961

Actions (login required)

View Item View Item