ANALISA NILAI WAKTU TUNGGU PENUMPANG KAPAL (RO - RO) PADA MODA TRANSPORTASI LAUT JALUR LEMBAR – PADANGBAI

AZHARI, FARIZAL (2017) ANALISA NILAI WAKTU TUNGGU PENUMPANG KAPAL (RO - RO) PADA MODA TRANSPORTASI LAUT JALUR LEMBAR – PADANGBAI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Masalah kinerja pelayanan sering dijumpai dalam operasional pelabuhan, begitu juga halnya yang terjadi di Pelabuhan Penyeberangan Lembar. Pengelolaan pelabuhan yang kurang efektif yang didukung faktor cuaca merupakan salah satu penyebab rendahnya pelayanan. Terjadinya antrian kapal karena harus menunggu kapal yang belum selesai melakukan aktivitas di dermaga adalah salah satu akibat dari kurang tepatnya manajemen pengoperasian pelabuhan. Dampak selanjutnya adalah kerugian yang dialami calon penumpang karena nilai waktu yang terbuang ditinjau dari segi penghasilan, tujuan perjalanan, moda perjalanan, periode waktu perjalanan, dan panjang rute perjalanan. Studi ini dilakukan untuk mengetahui jumlah waktu tunggu dan nilai waktu tunggu penumpang kapal jalur Lembar menuju Padangbai di Pelabuhan Lembar. Dari hasil survai dilapangan diketahui jumlah waktu tunggu responden berbeda-beda yang disebabkan karena waktu kedatangan dari masing – masing responden berbeda. Untuk kategori penumpang atau responden dengan kendaraan pengangkut barang memiliki jumlah waktu tunggu yang lebih lama dibandingkan penumpang tanpa barang, hal ini terjadi karena kapasitas kapal yang terbatas sehingga menimbulkan antrian terhadap kendaraan bermuatan barang. Jumlah waktu tunggu penumpang rata – rata penumpang pelabuhan Lembar jalur Lembar menuju Padangbai pada Kmp. Marina Segunda selama 2,16 jam. Sedangkan pada Kmp. Nusa Penida selama 1,74 jam, dan pada Kmp. Dharma Kosala 2,39 jam. Untuk penumpang tanpa barang rata – rata memiliki waktu tunggu yang sedikit, hal ini disebabkan karena sistem pengaturan arus penumpang untuk jenis penumpang dengan kendaraan roda dua maupun pejalan kaki lebih diutamakan dengan alasan kapasitas muatan kapal untuk kendaraan roda empat terbatas. Besarnya nilai waktu tunggu dipengaruhi oleh besar kecilnya PDRB per kapita. Pada pelaksanaan survai diperoleh besarnya nilai waktu tunggu penumpang rata – rata pada Kmp. Marina Segunda Rp. 31.556,83 per responden, sedangkan pada Kmp Nusa Penida Rp. 21.835,54 per responden dan pada Kmp. Dharma Kosala Rp. 45.155,54 per responden. Kata Kunci : Ferry ( ro – ro ), Pelabuhan Lembar, Lembar - Padangbai,Nilai

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ferry ( ro – ro ), Pelabuhan Lembar, Lembar - Padangbai,Nilai Waktu Tunggu, Metode Pendapatan ( Income approach
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 02 Oct 2017 13:23
Last Modified: 02 Oct 2017 13:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/900

Actions (login required)

View Item View Item