JUMENAH, JUMENAH (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VAK (VISUAL AUDITORI KINESTETIK) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV B SDN 27 AMPENAN TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
skripsii. PRESS.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Jenis penelitian ini, adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, tahapan observasi dan evaluasi, serta refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV B pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan penerapan model VAK (Visual Auditori Kinestetik) di SDN 27 Ampenan Tahun Ajaran 2016/2017. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Keseluruhan data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini, adalah siswa kelas IV B SDN 27 Ampenan yang berjumlah 35 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siklus I, yaitu 68,28 mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 83,42. Demikian pula dengan aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan dari siklus satu, yaitu memperoleh skor 48 dengan kategori cukup aktif, pada siklus II menjadi 54 dengan kategori aktif. Sedangkan skor aktivitas guru juga mengalami peningkatan, yaitu dari siklus I memperoleh skor 10 dengan kategori baik, pada siklus II memperoleh skor 12 dengan kategori sangat baik. Dari hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran VAK (Visual Auditori Kinestetik) dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV B SDN 27 Ampenan Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Penerapan Model Pembelajaran VAK (Visual Auditori Kinestetik), Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Ayus Suyarsih |
Date Deposited: | 02 Oct 2017 13:23 |
Last Modified: | 02 Oct 2017 13:23 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/901 |
Actions (login required)
View Item |