PENGARUH PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI PEMINATAN MATEMATIKA DAN ILMU-ILMU ALAM SMAN 2 GERUNG TAHUN AJARAN 2014/2015

F. Rahmayanti1, F. Rahmayanti1 (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI PEMINATAN MATEMATIKA DAN ILMU-ILMU ALAM SMAN 2 GERUNG TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (44kB)

Abstract

Melalui penerapan model pembelajaran yang berorientasi pada keaktifan siswa (student centered), diharapkan proses pembelajaran biologi dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti pada bulan Januari, terlihat bahwa metode yang mendominasi selama proses pembelajaran adalah metode ceramah. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan juga masih belum menantang siswa untuk berpikir lebih mendalam. Masalah tersebut mengakibatkan proses pembelajaran menjadi membosankan dan tidak merangsang kemampuan berpikir kritis siswa. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI PMIA SMAN 2 Gerung T.A 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan selama bulan September 2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian semu (quasi eksperiment) dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI PMIA tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian terdiri atas 47 orang siswa yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Sampel terbagi dalam 2 kelas yakni kelas XI PMIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI PMIA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis adalah tes essay. Data penelitian dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5% . Hasil penelitian terhadap kemampuan berpikir kritis menunjukan bahwa setelah dilakukan uji beda terhadap nilai posttest diperoleh nilai t hitung > t tabel yaitu 3,222 > 2,014.Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis yang signifikan pada kedua kelas

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): : Inkuiri terbimbing (guided inquiry), kemampuan berpikir kritis
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR180 Immunology
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 25 Oct 2018 02:06
Last Modified: 25 Oct 2018 02:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9139

Actions (login required)

View Item View Item