PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED INSTRUCTION) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA SMPN 11 MATARAM TAHUN AJARAN 2013/2014

Nurawaliyah, Nurawaliyah1) (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED INSTRUCTION) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA SMPN 11 MATARAM TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL NURAWALIYAH (E1A 010 013).pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar IPA Biologi siswa SMPN 11 Mataram tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini telah dilaksanakan di SMPN 11 Mataram dari bulan Mei sampai Juni 2014. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 192 siswa. Sampel penelitian ditentukan melalui teknik purposive sampling dan diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis adalah tes essay dan untuk mengukur motivasi belajar berupa angket motivasi belajar. Data penelitian dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5% dengan bantuan Microsoft Excel 2007. Hasil penelitian terhadap kemampuan berpikir kritis menunjukan bahwa setelah dilakukan uji beda terhadap nilai posttest diperoleh nilai t hitung > t kritik yaitu 6,095 > 2,000 sedangkan untuk motivasi belajar diperoleh t hitung > t kritik yaitu 2,633 > 2,000. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar IPA Biologi yang signifikan pada kedua kelas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar IPA Biologi siswa SMPN 11 Mataram Tahun ajaran 2013/20

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi Belajar
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Q Science > QR Microbiology > QR180 Immunology
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 25 Oct 2018 02:25
Last Modified: 25 Oct 2018 02:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9168

Actions (login required)

View Item View Item