Aplikasi Metode Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite and Review) untuk Meningkatkan Kemampuan Retensi Siswa Kelas VII SMPN 1 Kuripan Tahun Ajaran 2013/2014

Putri1, Aulia Dwi (2014) Aplikasi Metode Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite and Review) untuk Meningkatkan Kemampuan Retensi Siswa Kelas VII SMPN 1 Kuripan Tahun Ajaran 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Aulia Dwi Putri1.pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi metode pembelajaran SQ3R (survey, question, read, recite and review) terhadap peningkatan kemampuan retensi (daya ingat) siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kuripan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kuripan. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling dan didapatkan 4 kelas sampel, yaitu kelas VIIC dan VIID sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIA dan VIIB sebagai kelas kontrol, dengan jumlah total siswa sampel sebagai unit analisis sebanyak 79 orang. Instrumen penelitian berupa tes objektif sebanyak 20 soal yang telah dikembangkan oleh peneliti. Data penelitian dianalisis dengan program komputer Microsoft Excel 2007 dan uji hipotesis menggunakan uji-t pooled varians pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Pembelajaran SQ3R, Kemampuan Retensi siswa
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 07 Nov 2018 03:04
Last Modified: 07 Nov 2018 03:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9196

Actions (login required)

View Item View Item