Putri1, Aulia Dwi (2014) Aplikasi Metode Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite and Review) untuk Meningkatkan Kemampuan Retensi Siswa Kelas VII SMPN 1 Kuripan Tahun Ajaran 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
Aulia Dwi Putri1.pdf Download (257kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi metode pembelajaran SQ3R (survey, question, read, recite and review) terhadap peningkatan kemampuan retensi (daya ingat) siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kuripan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kuripan. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling dan didapatkan 4 kelas sampel, yaitu kelas VIIC dan VIID sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIA dan VIIB sebagai kelas kontrol, dengan jumlah total siswa sampel sebagai unit analisis sebanyak 79 orang. Instrumen penelitian berupa tes objektif sebanyak 20 soal yang telah dikembangkan oleh peneliti. Data penelitian dianalisis dengan program komputer Microsoft Excel 2007 dan uji hipotesis menggunakan uji-t pooled varians pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Metode Pembelajaran SQ3R, Kemampuan Retensi siswa |
Subjects: | Q Science > QR Microbiology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Ayus Suyarsih |
Date Deposited: | 07 Nov 2018 03:04 |
Last Modified: | 07 Nov 2018 03:04 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9196 |
Actions (login required)
View Item |