PENGARUH PEMBELAJARAN TEKNIK PEMECAHAN MASALAH KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN DI MTs Al-AZIZIYAH KAPEK GUNUNGSARI TAHUN 2013

NURFIDARIS, NURFIDARIS (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN TEKNIK PEMECAHAN MASALAH KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN DI MTs Al-AZIZIYAH KAPEK GUNUNGSARI TAHUN 2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
NURFIDARIS.pdf

Download (501kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran Biologi yang tergolong rendah yang berdampak pada kualitas pembelajaran yang kurang maksimal. Hal ini disebabkan karena proses penyampaian materi cenderung bersifat teoritis. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh hasil belajar siswa kelas VIII MTs.Al-Aziziyah putra Kapek Gunungsari yang menggunakan teknik pemecahan masalah kritis dengan menggunakan metode ceramah tahun 2013. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIIIA sebagai kelas yang menggunakan teknik pemecahan masalah kritis dan kelas VIIIB yang menggunakan metode ceramah yang ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling. Kelas VIIIA dan kelas VIIIB diberikan pre-test untuk mengetahui pengetahuan awal siswa dan diberikan post-test, setelah diberikan perlakuan berupa pembelajaran untuk masing-masing kelas. Data hasil penelitian berupa hasil belajar (kognitif, afektif, dan psikomotor), dan lembar observasi aktivitas guru. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pre-test pada kelas VIIIA adalah 44,14 sedangkan rata-rata hasil pre-test pada kelas VIIIB adalah 40,97. Sedangkan rata-rata hasil post-test pada kelas VIIIA adalah 87,16; kelas VIIIB adalah 79,05. Hasil penilain afektif pada kelas VIIIA menunjukkan 27,03% siswa berkategori sangat baik, 48,65% siswa berkategori baik, dan 24,32% siswa berkategori kurang baik. Nilai afektif kelas VIIIB menunjukkan 10,81% siswa berkategori sangat baik, 29,73% siswa berkategori baik, dan 59,46 siswa berkategori kurang baik. Hasil penilaian psikomotor pada kelas VIIIA, 48,65% siswa berkategori sangat baik,

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengaruh pembelajaran teknik pemecahan masalah kritis , Hasil belajar
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 07 Nov 2018 03:02
Last Modified: 07 Nov 2018 03:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9206

Actions (login required)

View Item View Item