PENGARUH PENERAPAN PRAKTIKUM IPA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

Hayatin1, Ridaul (2014) PENGARUH PENERAPAN PRAKTIKUM IPA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
artikel penelitian pdf.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

Abstrak : Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh praktikum IPA berbasis pendekatan saintifik terhadap keterampilan proses sains siswa; 2) pengaruh praktikum IPA berbasis pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Sakra Timur tahun ajaran 2014/2015 berjumlah 190 orang. Sampel ditentukan dengan simple random sampling yang berjumlah 76 orang yang tersebar kedalam kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian terdiri atas tes keterampilan proses sains dan tes kemampuan berpikir kritis. Data dianalisis menggunakan program SPSS for Windows 16. Hasil uji hipotesis yang menggunakan independent sample t-test menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan keterampilan proses sains yang signifikan antara siswa kelas eksperimen dan kelas

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): praktikum, pendekatan saintifik, keterampilan proses sains, berpikir kritis
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 07 Nov 2018 03:00
Last Modified: 07 Nov 2018 03:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9212

Actions (login required)

View Item View Item